Mentraktir Pemberi Pinjaman Pasti Riba?

  • by

Sebagian orang terkadang ghuluw menyikapi masalah ini, padahal ia tak faham kaidah. Semua dipukul rata saja. Saking semangatnya menjauhi riba, hingga kebiasaan saling traktir antar teman dijauhi manakala ia terlibat utang piutang dengan temannya.

Kaidah  ﻛﻞ ﻗﺮﺽ ﺟﺮ ﻣﻨﻔﻌﺔ ﻓﻬﻮ ﺭﺑﺎ  “Setiap utang yang menghasilkan manfaat maka itu riba”, itu ada patokan-patokannya. Tidak main pukul rata.

Rasulullah shallallahu ‘alayhi wasallam pernah transaksi utang piutang dengan Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhu dan ada hadiah yang diberikan ketika membayarnya. Itu boleh. Bukan riba. Bahkan bagus. Asalkan tidak disyaratkan adanya penambahan sedari awal dalam aqad. Nah, kaidah di atas itu kan ternyata tidak berlaku pada kasus ini, padahal ada manfaat yang diberikan dari pengutang kepada yang diutangi. Ini menunjukkan ada kaidah lain yang membatasi sehingga kaidah di atas tidak

-sponsor-
untuk memukul rata…

Dalam ‘Umdatul Fiqh dikatakan,

ﻭﻻ ﻳﻘﺒﻞ ﻫﺪﻳﺔ ﺍﻟﻤﻘﺘﺮﺽ ﺇﻻ ﺃﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﺑﻴﻨﻬﻤﺎ ﻋﺎﺩﺓ ﺑﻬﺎ ﻗﺒﻞ ﺍﻟﻘﺮﺽ

“Tak Boleh menerima hadiah dari peminjam KECUALI diantara mereka berdua SUDAH ADA KEBIASAAN seperti itu sebelum terjadinya aqad utang-piutang”. (‘Umdatul Fiqh, 57)

Nah, jika antar sesama teman dekat yang memang dari dulu sudah terbiasa saling traktir maka tak masalah mereka mempertahankan tradisi tersebut meski antara mereka terikat utang piutang, dan itu bukan riba.

baca juga :  Hukum Menggunakan Jam Tangan Berlambang Salib

Ikhwah, fahami dengan ilmu. Fahami dengan baik. Belajarlah yang tuntas. Jangan ghuluw dan menganggap perkataan seorang Ustadz saja bagai wahyu yang turun dari langit. Seorang ustadz pun pasti ada kelirunya. Itulah fungsinya banyak guru. Agar ada pembanding dan tidak ghuluw.

Jangan memaksa orang lain tidak taqlid, namun diri sendiri taqlid pada satu-dua ustadz saja tanpa ilmu. Itu namanya inkonsisten… Allahul Musta’aan…

Akhukum,
Al-Faqiir ilallah Abu Hazim Mochamad Teguh Azhar, Lc., S.Kom.I. (Mudir Ma’had Daar El ‘Ilmi)

Editor: Adnan Aliyyudin

(Visited 27 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *