Ketelitian Dan Kecermatan Dalam Amal

  • oleh

Juz : 29

Surat : Al-Mulk

Ayat : 3

الَّذِيْ خَلَقَ سَبْعَ سَمٰوٰتٍ طِبَاقًا ۗ مَا تَرٰى فِيْ خَلْقِ الرَّحْمٰنِ مِنْ تَفٰوُتٍ ۗ فَارْجِعِ الْبَصَرَ ۙ هَلْ تَرٰى مِنْ فُطُوْرٍ

“Yang menciptakan tujuh langit berlapis-lapis. Tidak akan kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pengasih. Maka lihatlah sekali lagi, adakah kamu lihat sesuatu yang cacat?”

(QS. Al-Mulk 67: Ayat 3)

Tafsir

كل سماء طبقة فوق ما قبلها دون تماس بين سماء وسماء. لا تشاهد فيما خلق الله أي تفاوت أو عدم تناسب. فارجع البصر هل ترى من تشقق أو تصدع؟ لن ترى ذلك، وإنما ترى خلقا محكما متقنا.

“…Setiap langit memiliki tingkatan di atas langit sebelumnya tanpa bersentuhan antara langit satu dengan yang lainnya. Tidak terlihat pada ciptaan Allah yang tidak seimbang. Coba lihat kembali, apakah ada keretakan dan robekan?. Kamu tak akan pernah melihatnya. Yang ada hanyalah yang begitu teliti dan cermat”. [Al-Mukhtashar fî Tafsîril Qurânil Karîm, hal. 562]

Tadabbur

-sponsor-
Betapa Maha Besar Allah yang menciptakan semesta yang begitu luas tanpa celah sedikitpun. Sementara kita salah satu makhluk Allah yang sangat kecil dan lemah.

– Allah mengajarkan kecermatan dan ketelitian dalam segala hal pada kita. Sehingga seorang mukmin hendaknya cermat, teliti, totalitas, dan professional dalam mengemban tugas atau amanahnya.

– Ayat ini seolah menjelaskan secara isyarat akan kalimat “Ahsanu ‘Amala” dalam ayat sebelumnya. Bahwa Allah mencontohkan sebaik-baik amal dengan kecermatan, ketelitian, totalitas dalam penciptaan-Nya. Maka kita diarahkan olehnya untuk mencontoh-Nya dalam amal shalih kita dan amal-amal lainnya.

baca juga :  Sanad : Antara Tuntutan Dan Komoditi

Abu Hâzim Mochamad Teguh Azhar

(Mudir Ma’had Daar El -Ilmi & Founder Silsilah Tadabbur Quran)

Editor : Tsaqib Ilham Nur

(Visited 29 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *