Ketawakalan Di Masa Pandemi

  • by

Satu hal yang tak boleh hilang dari dada kita meski di masa pandemi sekarang ini adalah keyakinan yang kuat bahwasanya Allah yang menjamin seluruh rizqi kita.

(۞ ﻭَﻣَﺎ ﻣِﻦ ﺩَﺍۤﺑَّﺔࣲ ﻓِﯽ ﭐﻟۡﺄَﺭۡﺽِ ﺇِﻟَّﺎ ﻋَﻠَﻰ ﭐﻟﻠَّﻪِ ﺭِﺯۡﻗُﻬَﺎ ﻭَﯾَﻌۡﻠَﻢُ ﻣُﺴۡﺘَﻘَﺮَّﻫَﺎ ﻭَﻣُﺴۡﺘَﻮۡﺩَﻋَﻪۚﺍَ ﻛُﻞࣱّ ﻓِﯽ ﻛِﺘَـٰﺐࣲ ﻣُّﺒِﯿﻦࣲ )

“Dan tidak satu pun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi melainkan semuanya dijamin Allah rezekinya. Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya. Semua (tertulis) dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuz).”

(QS. Hud 11: Ayat 6)

Seorang ulama mengatakan,

“Bahkan seekor semut hitam di atas batu hitam, di tengah gelapnya malam, dan di tengah padang yang luas membentang, rizqinya ditanggung oleh Allah Jalla fi ‘Ulaah.”

Dan sebagian lagi mengatakan,

ﻭﻟﻮ ﺭﻛﺐ ﺍﺑﻦ ﺁﺩﻡ ﺍﻟﺮﻳﺢ ﻓﺮﺍﺭﺍ ﻣﻦ ﺭﺯﻗﻪ ﻟﺮﻛﺐ ﺍﻟﺮﺯﻕ

-sponsor-
ﺍﻟﺒﺮﻕ ﺣﺘﻰ ﻳﻘﻊ ﻓﻲ ﻓﻢ ﺍﺑﻦ ﺁﺩﻡ .

“Walaupun Anak Adam itu secepat angin berlari menjauhi rizqinya, maka rizqinya akan mengejarnya secepat kilat hingga sampai di mulut Anak Adam tersebut.”

Na’am. Itu sungguh penggambaran yang indah untuk kita semua, Ikhwah. Bahwa di tengah kondisi sesulit apapun rizqinya akan tetap mengejarnya. Sehingga orang beriman akan selalu menghadirkan optimisme dan menjauhi keputusasaan.

Mari berikhtiar dan kurangi keluhan. Bahkan jika memang ridha dengan Ketetapan Allah, tentu harusnya keluhan mampu diredam. Ya, apa yang bisa kita lakukan kecuali menyampaikan semua Hawaa-ij kita kepada Ash-Shamad, yakni Dia yang semua tangan kita menengadah meminta padaNya, bertawakkal pada-Nya saja, Allah ‘Azza Wa Jalla.

baca juga :  Korelasi Antara Hafalan Dan Keilmuan

ﻋَﻦْ ﻋُﻤَﺮَ ﺑﻦ ﺍﻟﺨَﻄَّﺎﺏِ ﺭَﺿِﻲَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻨْﻪُ ﺃَﻥَّ ﺭَﺳُﻮْﻝَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻗَﺎﻝَ : « ﻟَﻮْ ﺃَﻧَّﻜُﻢْ ﺗَﻮَﻛَّﻠْﺘُﻢْ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺣَﻖَّ ﺗَﻮَﻛُّﻠِﻪِ ﻟَﺮَﺯَﻗَﻜُﻢْ ﻛَﻤَﺎ ﻳَﺮْﺯُﻕُ ﺍﻟﻄَّﻴْﺮَ، ﺗَﻐْﺪُﻭﺍ ﺧِﻤَﺎﺻﺎً ﻭَﺗَﺮُﻭْﺡُ ﺑِﻄَﺎﻧﺎً » ( ﺭَﻭَﺍﻩُ ﺍﻹِﻣَﺎﻡُ ﺃَﺣْﻤَﺪُ ﻓِﻲ ﺍﻟﻤُﺴْﻨَﺪِ، ﻭَﺍﻟﺘِّﺮْﻣِﺬِﻱُّ ﻭَﺍﻟﻨَّﺴَﺎﺋِﻲُّ ﻭَﺍﺑْﻦُ ﻣَﺎﺟَﻪْ ﻓِﻲ ﺍﻟﺴُّﻨَﻦِ، ﻭَﺍﺑْﻦُ ﺣِﺒَّﺎﻥَ ﻓِﻲ ﺻَﺤِﻴْﺤِﻪِ، ﻭَﺭَﻭَﺍﻩُ ﺍﻟﺤَﺎﻛِﻢُ ﻓِﻲ ﻣُﺴْﺘَﺪْﺭَﻛِﻪِ ﻭَﺻَﺤَّﺤَﻪُ )

Dari ‘Umar bin Al-Khaththab radhiyallahu ‘anhu bahwasanya Rasulullah ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ bersabda,

“Jika kalian bertawakkal pada Allah dengan sebenar-benarnya tawakkal, maka Allah pasti akan memberikan rizqi pada kalian sebagaimana Ia memberi rizqi pada seekor burung yang pergi pagi hari dalam keadaan lapar dan pulang sore hari dalam keadaan perut kenyang.” (Riwayat Ahmad dalam al-Musnad, At-Tirmidzi An-Nasa-iy dan Ibnu Majah dalam As-Sunan, Ibnu Hibban dalam shahih-nya, Al-Hakim dalam dalam mustadrak-nya dan ia menshahihkannya).

Semoga Allah memberikan Taufiiq pada kita semuanya… Aamiin

Akhukum
Mochamad Teguh Azhar, Lc., S.Kom.I (Mudir Ma’had Daar El ‘Ilmi)

Editor: Adnan Aliyyudin

(Visited 69 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *