Cara Mengusap Kedua Telinga Ketika Berwudhu

  • by

Penanya :
Bismillah
Ustadz afwan saya mau bertanya
Bagaimana cara membasuh telinga yang benar dalam berwudhu? Telinga itu termasuk pada bagian kepala atau wajah ustadz?

Jawaban:
Membasuh telinga adalah bagian dari sunnah wudhu bagi jumhur ulama (mayoritas ulama), sehingga ketika seseorang hanya mengusap kepala saja tanpa mengusap telinga dikatakan wudhu-nya sah namun rugi karena tidak mendapatkan pahala sunnah.

Terjadi silang pendapat di kalangan ulama terkait kaifiyyat mengusap telinga, apakah ia sekaligus ketika mengusap kepala? Ataukah ia mengambil air baru?

Malikiyah, Syafi’iyyah, Hanabilah men-sunnah-kan dalam mengambil air baru (Tajdidul Maa-i). Sementara Hanafiyah mencukupkan dengan menyambung pengusapan kepala dan telinga sekaligus tanpa mengambil air baru. Dikatakan dalam Mausu’ah al-Fiqhiyyah,

وقال الحنفية: يكفي مسح جميع الرأس والأذنين بماء واحد، لأنهما من الرأس، قال صلى الله عليه وسلم:

-sponsor-
الأذنان من الرأس ـ والمراد بيان الحكم دون الخلقة

“Telah berkata Hanafiyah: Cukup mengusap seluruh kepala dan dua telinga dengan air yang satu, karena keduanya bagian dari kepala. Rasul Shallallahu ‘alayhi wasallam bersabda: DUA TELINGA ITU BAGIAN DARI KEPALA. Yang dimaksud disini adalah penjelasan tentang hukum, bukan asal muasal penciptaan.”

Dengan demikian, kedua telinga adalah bagian dari kepala. Dan pendapat yang kami pandang kuat dalam hal ini adalah Hanafiyah, yaitu mencukupkan dengan satu air untuk mengusap kepala dan telinga sekaligus karena didasari dalil dan hujjah yang jelas.

baca juga :  Apakah Do'a Anak Langsung Saja Yang Bermanfaat?

Wallahu Waliyyut Taufiiq.

Akhukum,
Abu Hazim Mochamad Teguh Azhar (Mudir Ma’had Daar El ‘Ilmi)

Editor : Tasyim

(Visited 43 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *