Bolehkah Shaum Sunnah Dzulhijjah Dilakukan Sebelum Qadha Ramadhan?

  • oleh

Penanya:
Bismillaah
Afwan Ustadz izin bertanya,
Bolehkah melaksanakan shaum sunnah di 9 hari pertama bulan dzulhijjah akan tetapi masih punya hutang shaum Ramadhan? Mohon penjelasannya… Jazaakallaahu khayran.

Jawaban:
Terkait shaum sunnat (tathawwu’) yang dilakukan sebelum meng-qadha’ shaum Ramadhan maka ada beberapa sudut yang perlu kita uraikan.

Pertama, shaum Dzulhijjah itu sifatnya mudhayyaq, alias waktu pelaksanaannya sempit. Hanya 9 hari dan dilakukan setahun sekali. Sementara qadha shaum Ramadhan sifatnya muwassa’ atau diluaskan waktunya, bisa dilakukan kapan saja kecuali di bulan Ramadhan itu sendiri. Sehingga agar seseorang tidak segera terlewat dari kebaikan, maka ia boleh mendahulukan yang mudhayyaq (yang sempit waktunya) kemudian ia penuhi yang muwassa’ (luas waktunya).

Kedua, Jumhur Ulama (mayoritas ulama) dari kalangan Hanafiyah, Malikiyah, Syafi’iyyah, dan salah satu pendapat Imam Ahmad Rahimahumullahu menyatakan bolehnya shaum tathawwu’ dilakukan sebelum qadha Ramadhan.

-sponsor-
style="text-align: justify;">Hanafiyah membolehkan tanpa karohah. Syafi’iyyah dan Malikiyah membolehkan dengan karohah (kemakruhan). Sementara salah satu pendapat Imam Ahmad membolehkan saja.

Ketiga, memang ada salah satu pendapat Imam Ahmad dan Hanabilah beserta sebagian kecilnya yang melarang, bahkan mengharamkan dan menganggap tidak sah. Mereka berdalil dengan hadits,

من صام تطوعاً وعليه من رمضان شيء لم يقضه فإنه لا يقبل منه حتى يصوم.

“Sesiapa yang shaum tathawwu’ namun masih ada kewajiban qadha Ramadhan tapi kemudian ia belum meng-qadha-nya, maka tidak diterima shaum tathawwu’-nya tersebut sampai ia bayar qadha terlebih dahulu.” (Riwayat Ahmad).

baca juga :  Apakah Shaum Tiga Hari Setiap Bulan Sama Dengan Ayyâmul Bîdh?

Akan tetapi hadits ini dha’if alias lemah. Tidak bisa dijadikan sandaran. Di dalamnya ada Ibnu Lahi’ah. Dan ia dilemahkan oleh para ahli hadits.

Dengan demikian yang tepat adalah pendapat Jumhur Ulama dalam hal ini, yaitu BOLEH melakukan shaum tathawwu’ sebelum shaum qadha Ramadhan.
Wallahu Waliyyut Taufiiq.

Akhukum,
Abu Hazim Mochamad Teguh Azhar (Mudir Ma’had Daar El ‘Ilmi)

Editor : Tasyim

(Visited 26 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *