Berbuat Ihsan Pada Binatang Ternak

Diantara bukti bahwa agama ini membawa rahmat bagi semesta alam adalah aturan untuk berbuat ihsan pada binatang, termasuk binatang ternak.

Selain diperintah menyembelihnya dengan cara yang baik dan tidak menyakiti, maka ketika memeliharanya pun kita dipahalai.

Para sahabat pernah bertanya pada Rasulullah -صلى الله عليه وسلم-,

يا رسول الله وإن لنا في هذه البهائم لأجرا؟ فقال: في كل كابد رطبة أجر.

“Ya Rasulallâh, apakah bagi kami akan dapat pahala juga ketika memberi (makan/minum) pada ternak-ternak ini?”

Maka Rasul -صلى الله عليه وسلم- bersabda,

في كل كبد رطبة أجر

“Di setiap makhluk bernyawa ada pahala (untuk yang memberi).” [Riwayat Muslim, no. 2244]

Ya, saya artikan makhluq bernyawa saja agar lebih mudah difahami. Sebab jika diartikan secara harfiah maka “pada setiap hati

-sponsor-
yang basah ada pahala” terlalu abstrak.

Imam An-Nawawiy mengomentari hadits tersebut,

ففي هذا الحديث الحث على الإحسان إلى الحيوان المحترم، وهو ما لا يؤمر بقتله.

“Dalam hadits ini terkandung anjuran untuk berbuat yang terbaik kepada hewan yang muhtarom (dihormati/bermanfaat/bukan hewan fasiq dan merugikan), yaitu hewan-hewan yang tidak diperintah untuk membunuhnya.”

Beliau -رحمه الله- melanjutkan,

وأما المحترم فيحصل الثواب بسقيه والإحسان إليه أيضا بإطعامه وغيره سواء كان مملوكا أو مباحا، وسواء كان مملوكا له أو لغيره. والله أعلم.

“Adapun hewan yang muhtarom maka akan mendapatkan pahala dengan memberinya minum dan berbuat ihsan kepadanya juga dengan memberinya makan dan lainnya. Baik ia itu dimiliki atau liar, dan baik ia itu dimiliki olehnya atau punya orang lain. Wallâhu A’lam. [Syarh Shahih Muslim, 7/246].

baca juga :  Hukum Menerima Makanan Dari Acara Bid'ah

Yuk, tak usah ragu memberi makan dan minum ayam tetangga. Tak usah malu ikut memberi rumput untuk sapi atau kambing orang lain. Tak usah risih dengan ayam yang ikut makan di pekarangan kita. Tak juga malas kita mengurusi ternak kita sendiri jika punya. Sebab semua itu bernilai pahala di sisi Allah.

Jangan remehkan kebaikan dan pahala sekecil apapun ia dalam pandangan kita. Sebab boleh jadi ia bisa jadi amal yang diterima oleh Allah sehingga kita selamat karenanya di akhirat. Âmîn.

Akhukum,
Mochamad Teguh Azhar, Lc., S.Kom.I. (Mudir Ma’had Daar El ‘Ilmi)

Editor: Adnan Aliyyudin

(Visited 46 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *