Apakah Do’a Anak Langsung Saja Yang Bermanfaat?

  • by

Apakah do’a anak shalih yang mengabdi terus kepada orang tuanya hingga masuk lahat itu harus anak langsung saja?

ﻳﻘﻮﻝ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ : ” ﺇﺫﺍ ﻣﺎﺕ ﺍﺑﻦ ﺁﺩﻡ ﺍﻧﻘﻄﻊ ﻋﻤﻠﻪ ﺇﻻ ﻣﻦ ﺛﻼﺙ : ﺻﺪﻗﺔ ﺟﺎﺭﻳﺔ، ﺃﻭ ﻋﻠﻢ ﻳﻨﺘﻔﻊ ﺑﻪ، ﺃﻭ ﻭﻟﺪ ﺻﺎﻟﺢ ﻳﺪﻋﻮ ﻟﻪ “

Nabi Shallallahu ‘alayhi wasallam bersabda: “Jika anak cucu Adam itu meninggal, maka terputuslah amalnya kecuali 3 saja; shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, atau anak shalih yang mendo’akannya.” (Riwayat Muslim).

Sebagian ulama berkata,

ﻓﺈﻥ ﺍﻟﻮﻟﺪ ﺍﻟﺼﺎﻟﺢ ﺍﻟﻮﺍﺭﺩ ﻓﻲ ﺍﻟﺤﺪﻳﺚ ﺍﻟﺬﻱ ﺫﻛﺮﺗَﻪ ﻳﺸﻤﻞ ﺍﻟﻮﻟﺪ ﺍﻟﻤﺒﺎﺷﺮ , ﻭﺃﻭﻻﺩ ﺍﻷﻭﻻﺩ , ﻭﺃﺣﻔﺎﺩﻫﻢ، ﻛﻤﺎ ﻳﺸﻤﻞ ﺍﻷﻧﺜﻰ , ﻭﺃﺣﻔﺎﺩﻫﺎ

“Maka sesungguhnya anak yang shalih yang warid di dalam hadits itu terkandung di dalamnya makna anak langsung, para cucu, para cicit. Pun

-sponsor-
juga termasuk anak perempuan dan cucu-cicit mereka.”

Dalam Syarah Riyadhus Shalihin, Syaikh Ibnu ‘Utsaimin mengetengahkan maksud “Anak Shalih” dalam hadits,

ﻭﻟﺪ ﺻﺎﻟﺢ ﻳﺪﻋﻮ ﻟﻪ : ﻭﻟﺪ ﻳﺸﻤﻞ ﺫﻛﺮ ﻭﺃﻧﺜﻰ، ﻳﻌﻨﻲ ﺍﺑﻦ ﺃﻭ ﺑﻨﺖ، ﻳﺸﻤﻞ ﺍﺑﻨﻚ ﻟﺼﻠﺒﻚ، ﻭﺍﺑﻨﺘﻚ ﻟﺼﻠﺒﻚ، ﻭﺃﺑﻨﺎﺀ ﺃﺑﻨﺎﺋﻚ، ﻭﺃﺑﻨﺎﺀ ﺑﻨﺎﺗﻚ، ﻭﺑﻨﺎﺕ ﺃﺑﻨﺎﺋﻚ، ﻭﺑﻨﺎﺕ ﺑﻨﺎﺗﻚ .. ﺇﻟﻰ ﺁﺧﺮﻩ . ﺍﻧﺘﻬﻰ .

“Anak shalih yang mendo’akannya: yang namanya anak termasuk di dalamnya laki-laki dan perempuan, yaitu anak laki-laki dan anak perempuan. Termasuk anak lelakimu langsung dan anak perempuanmu langsung, anak dari anak lelakimu, anak dari anak perempuanmu, anak perempuan dari anak lelakimu, anak perempuan dari anak perempuanmu, sampai akhir seterusnya. Selesai.”

baca juga :  Hukum Berobat kepada Dokter Non Muslim

Maka ini kabar gembira sekaligus tantangan bagi kita selaku orang tua. Ya, kabar gembira bahwa jika anak-cucu-cicit kita shalih maka kita akan panen hasilnya.

Tantangannya adalah bagaimana kita mengupayakan anak kita shalih sekaligus cucu-cicit kita dengan cara memberi teladan pada anak-anak kita bagaimana mendidik anak. Ini tantangan berat !

Semoga Allah jadikan anak-anak kita shalih-shalihah, Aamiin..

Akhukum,
Mochamad Teguh Azhar, Lc., S.Kom.I (Mudir Ma’had Daar El’Ilmi)

Editor: Adnan Aliyyudin

(Visited 42 times, 2 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *