Al-Mâwardiy

  • by

Nama Sang Mufassir

Nama beliau adalah Abul Hasan ‘Ali bin Muhammad bin Habîb al-Mâwardiy al-Bashriy asy-Syâfi’iy.

Lahir dan Wafat
Beliau lahir sekira tahun 364 H, dan wafat sekira tahun 450 H.

Nama Kitab Tafsirnya
An-Nukat wal ‘Uyûn

Sifat Umum Untuk Tafsir Ini
Kitab ini penuh Ta‘wîl akan ayat-ayat Sifat. Bahkan di beberapa tempat beliau memilih pendapat Mu’tazilah dan apa-apa yang dibangun di atas Ushul Mu’tazilah yang rusak.
Beliau juga setuju dengan konsep Mu’tazilah dalam masalah Taqdir. Adz-Dzahabiy berkata tentangnya dalam Mîzân al-I’tidâl:

صدوق في نفسه لكنه معتزلي

“Dia shadûq (dianggap jujur), akan tetapi ia Mu’taziliy (orang Mu’tazilah).” [Mîzân al-I’tidâl, 3/115]

Bagaimana Aqidahnya?
Beliau Muawwil Asy’ariy (tukang Ta‘wîl dari kalangan Asy’ariyah), tentu Mu’taziliy juga.

Bagaimana Sikap Beliau Terhadap Sanad?
Beliau kurang begitu perhatian dalam menampilkan sanad-sanad. Tak pula begitu perhatian dengan riwayat-riwayat. Mayoritas hadits-hadits yang ada juga

-sponsor-
hasil nukilan dari Tafsîr ath-Thabariy.

Sikap Beliau Terkait Hukum-Hukum Fiqih
Al-Mâwardiy ini termasuk yang banyak bicara fiqih madzhab. Beliau ini Imam-nya Syâfi’iyyah di masanya.
Beliau ini penulis produktif juga. Siapa yang tak kenal kitab al-Hâwiy, lebih dari 20 jilid tebal beliau menulisnya.
Beliau ini murajjih aqwâl asy-Syâfi’iy juga. Bahkan aqwâl Abu Hanifah, Malik, dan Daud azh-Zhahiriy juga, kecuali Imam Ahmad, karena sepertinya ia memandang Imam Ahmad itu dari kalangan Ahli Hadits dan bukan masuk kategori fuqaha.

baca juga :  Al-Imâm ath-Thabariy

Sikap Beliau Terkait Qiraat
Beliau menyebutkan Qiraat Sab’ah bahkan yang Syâdzdzah di beberapa ayat. Beliau juga menjelaskan makna dan derivatnya. Sayangnya beliau tak menyebutkan sumbernya darimana beliau menukil.

Sikap Beliau Terhadap Kisah Israiliyat
Beliau tak banyak menampilkan kisah israiliyyat, bahkan terkadang mengkritiknya.

Apakah Tafsir ini direkomendasikan?
Tafsir ini tak direkomendasikan bagi pemula. Tak pula bagi sebagian tingkat lanjutan. Kecuali bagi mereka yang melakukan bermaksud penelitian, studi kritis, bantahan, mengambil fawaid lughawiyah, dan sebagainya saja. Itupun ia harus memiliki fondasi Aqidah Ahlussunnah yang kuat. Sebab jika lemah, ia bisa kena syubhat.

Semoga bermanfaat…

Wallahu A’lam.

Akhukum,
Abu Hâzim Mochamad Teguh Azhar
(Mudir Ma’had Daar El ‘Ilmi / Penikmat Kitab-Kitab Klasik)
Editor : Dudi Rusdita

Dari berbagai literatur

(Visited 71 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *